Subscribe

RSS Feed



Powered By

Powered by Blogger

6/13/08

Bilang Indonesia Aja Susah.....

Hai Pembaca...

Saatnya memperhatikan hal sepele untuk di jadikan pegangan hidup.
Bisakah Anda menyanyikan lagu Indonesia Raya? Anda, dan hampir semua orang Indonesia, pasti mengaku bisa. Tapi, coba kita dengarkan baik-baik apa yang sebenarnya kita kumandangkan? Endonesia... Raya....

Mestinya sih, yang dinyanyikan atau dilafalkan adalah 'Indonesia Raya'. Tapi, karena lidah tak sinkron dengan tata bahasa, kita susah melafalkan kata 'Indonesia' dengan baik dan benar. Wa... alhasil, kita jadi lebih sering mengumandangkan: Endonesia Raya... Merdeka... Merdeka....

Maka, meski sama sekali tak mirip dengan kasus itu, dan juga sama sekali tak ada sangkut-pautnya dengan lidah kita yang suka plesetan,jangan sekali-kali menulis kata "Indonesia" dengan "Endonesia",meski ada situs yang menamakan dirinya Endonesia.com jangan di jadikan suatu alasan beranggapan melecehkan tata bahasa karena itu hanya sebatas situs yang wah...untuk kayalak ramai agar situs mereka di kunjungi.
So,kita juga harus memperhatikan hal semacam ini,harus mempertahankan penulisan kata Indonesia untuk negara kita,jangan terkecoh pada negara lain yang mungkin melafalnya dengan kata Endonesia atau menyingkat dengan kata Indon,saya pribadi kurang setuju!!!

Lunturnya budaya bahasa suatu negara,kemungkinan kecil di sebabkan karena tipisnya pemahaman bahasa atau bisa jadi di karenakan sikron tata bahasa yang kurang etis,so kita sebagai warganya harus memperhatikan hal yang demikian ini,agar tata bahasa suatu negara terjaga!!!

2 comments:

parlindungan sinaga said...

yups...betul juga.....
kita dah dari dibiasakan oleh kata "endonesia" untuk melafalkan kata Indonesia....

terutama orang-orang yang sudah tua dari kita......

tapi, mari kita jadikan pembelajaran itu semua.......

kita harus mengatakan INDONESIA....INDONESIA....INDONESIA...

The Raider said...

Wah emang udah kebiasaan sih ya. Trus coba aja lafalkan sendiri. Endonesia ama Indonesia itu melafalkannya lebih susah Indonesia..

Tapi gimanapun juga emang harus "Indonesia" yah.

Btw org jepang malah jauh kan pelafalannta. org namanya "Japan" tapi orang sana nyebutnya "Nihon".
Eh itu mah beda kasus yah :D
Huehue

Btw gue ga sadar loh kalo ternyata kita bernyanyi pake "Endonesia".. jeli juga mbak ^^

Btw ini Radi dari B.T.C.
Jangan menganggap "The Raider" Hehe :p