Subscribe

RSS Feed



Powered By

Powered by Blogger

7/29/08

Rumus Besar Hati

Bagaimana ya, caranya supaya kita bisa menerima kekalahan dengan lapang dada dan berbesar hati? Nggak gampang, memang. Mungkin kita harus menghapal rumus-rumus 'klise' ini:
  1. “If you cannot accept lose, you can't win?- Vince Lombardi (pelatih American Football)Kalau kita belum punya mental untuk menerima kekalahan, artinya Tuhan menilai bahwa kita belum sanggup mencicipi manisnya kemenangan.So suatu saat kita pasti akan jadi pemenang...tetep optimis donk!!!
  2. “Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda? Kekalahan sering memiliki makna yang dalam, lho. Si pemenang pasti punya sesuatu yang nggak kita punya, yang menyebabkannya keluar sebagai juara. Makanya begitu kalah, kita akan terpacu untuk terus berusaha agar menjadi nomor 1, kan? On the brighter side, karena sudah tahu hal-hal yang membuat kita kalah, akhirnya kita jadi belajar untuk menghindari hal-hal yang merugikan, sebagai 'tabungan' mempersiapkan diri saat tantangan serupa datang. Walaupun 'kejam,' ternyata kekalahan juga bisa menjadi guru yang baik!! :L
  3. “La vita bella" Hidup itu indah ;) Makanya, buang-buang waktu dan tenaga namanya kalau kita sibuk sirik sama si pemenang. Matahari masih terus bersinar, kehidupan terus berjalan normal. Yang nggak normal cuma suasana hati kita saja. Makanya jangan melulu bermuramdurja dan melancarkan kutukan ke sana-sini hehehe... It's fun to win, but we don't have to feel bad if we don't. Contoh deh Thomas Alva Edison. Sebelum akhirnya berhasil menciptakan bola lampu, ia harus mengalami sepuluh ribu kali kegagalan dalam percobaannya! Dan mau tahu apa yang dia bilang? "I didn't fail; I just found ten thousand ways it wouldn't work."
  4. “It isn't by size that you win or fail?- Douglas Mallock (penulis puisi)Hmm, kata-kata mutiara ini benar banget! :) Ukuran kesuksesan kita nggak dinilai berdasarkan besar atau kecilnya kemenangan itu. Sayangnya, selama ini kita mengasosiasikan sukses atau prestasi adalah hal yang identik dengan kemenangan. Padahal, selama kita bisa mendapatkan sesuatu yang priceless dari pengalaman itu, menang atau kalah, artinya kita sudah sukses, kan? :D
  5. “Siap menang, siap kalah!?Yup, jangan cuma bersiap diri untuk menang saja, dong. Begitu memasuki arena kompetisi, kita kan sudah tahu bahwa akan ada yang menang dan yang kalah. So, kita juga harus bersiap diri kalau-kalau kita kalah. Selain itu, sudah saatnya mengubah pola pikir kita. Bahwa menang itu adalah hasil kerja keras, bukan tujuan kita. Maksudnya, kalau dari awal kita sudah keukeuh mau menang, maka rasa kecewa kita akan lebih besar kalau ternyata tujuan itu nggak tercapai.GO :~

2 comments:

Frank said...

siap menang, siap kalah.....
mau pemilu ya...harus siap menang siap kalah kekekkeke

cumie said...

OMG pas banged nih. kekalahan bukan akhir semuanya. Thx neng, bermanfaat banged buad cumie yg baru saja keilangan gaya renang di aernya hahahaa